Sabtu, 20 Juli 2013

Sejarah Virus Komputer


Dimulai pada tahun 1949, seorang bernama John Von Neuman dalam makalahnya yang berjudul Theory and Organization of Complicated Automata, mengungkapkan adanya kemungkinan program yang dapat menyebar dengan sendirinya. Selanjutnya pada tahun 1960, para ahli di AT&T Bell Laboratory membuat program permainan yang dapat memperbanyak dirinya dan dapat menhancurkan program lawan.

Pada akhirnya program ini menjadi program permainan atau game favorit di tiap laboratorium komputer. Tetapi lama-lama mereka sadar bahwa program ini berbahaya sehingga adanya pengawasan yang ketat dan setelah selesai bermain, akhirnya program ini dimusnahkan. Pada tahun 1980 protfram yang akhirnya disebut virus itu berhasil menyebar keluar dari laboratorium dan mulai beredar di masyarakat umum, sehingga di tahun inilah mulai dikenal virus yang menyebar di kkomputer. Pada tahun 1984, seorang peneliti bernama fred Cohen memperkenalkan istilah virus komputer dalam tesisnya. 

Di Indonesia sendiri program virus menyebar pada tahun 1988. Sekarang, selain virus asing, banyak virus lokal atau buatan Indonesia yang menyebar dan biasanya menggunakan tampilan ikon berupa file dokumen, PDF, folder, file musik, dan video yang berekstensi .exe (tipe application)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar:

Posting Komentar